Tips Jitu Bikin Sambal Tak Menyengat
Tips Jitu Bikin Sambal Tak Menyengat
Tips Jitu Bikin Sambal Tak Menyengat, SELAINdiulek, sambal lebih enak dimasak. Namun, aromanya yang menyengat kadang membuat kita tidak tahan dengan baunya. Nah, ada cara jitu membuat sambal agar tak menyengat.

Pak Mujianto, penjaja nasi goreng warna warni memberikan sedikit tips untuk mengolah sambal dengan baik. Menurut dia, bikin sambal fokus di cabai, maka proses pengolahannya harus dilakukan dengan benar supaya aroma pedas dari sambal tidak terlalu menyengat ketika dimasak.

"Biar bau dari sambal tidak menyengat, maka pada saat pemasakannya, sambal tentunya harus diulek kemudian dimasak tanpa memakai minyak," tutur dia kepadaOkezone, di Jakarta.

Dia
berpendapat, di saat sambal dimasak, kemudian terdapat minyak maka akan mampu membuka semua elemen yang ada di sambal.

"Minyak yang panas akan menghasilkan temperatur yang tinggi, karena cabai memiliki zat pedas, dan menyatu dengan minyak, keluarlah aroma menyengat dari sambal," ungkapnya.

Berbeda di saat sambal yang diolah tanpa memakai minyak, bau cabainya tidak akan menyengat. Sehingga akan mampu membuat Anda nyaman saat memasak, khususnya di saat membuat sambal.

Pria kelahiran Gunungkidul, Yogyakartaitumenambahkan, sambal yang ditumis di dalam wajan akan bersentuhan langsung dengan suhu api.

"Ketika sambal dimasak tanpa minyak, tekstur cabai masih alami, karena tidak bersentuhan langsung dengan minyak yang akan berbuih ketika ditumis," jelas dia.

Selain tanpa menggunakan minyak, pada saat pengolahan cabai, tidak usah dicampur dengan bahan lain. Bagi Anda yang ingin memberikan tambahan bahan lainnya, sebaiknya bahan-bahan tersebut ditumis terpisah. Namun sebelumnya Anda harus mengulek bahan tambahan tersebut.

Selanjutnya, usai cabai dan bahan tambahan lainnya ditumis secara terpisah, baru kedua bahan tesebut ditaruh dalam satu wadah yang sama. Lalu aduklah secara merata. Jangan lupa, tambahkan garam.

"Karena sambal memiliki warna merah, otomatis penggunaan bahan lainnya seperti bawang merah dan bawang putih jangan terlau banyak, karena warnanya akan berubah. Jangan lupa beri tomat untuk menampilkan warna yang lebih tajam. Tapi, untuk sambal hijau Anda tak usah menggunakan tomat," paparnya.


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara