Tips Cegah Iritasi Kulit Sewaktu Gunakan Jam Tangan
Tips Cegah Iritasi Kulit Sewaktu Gunakan Jam Tangan
Tips Cegah Iritasi Kulit Sewaktu Gunakan Jam Tangan,

Penggunaan jam tangan atau arloji saat ini tengah menjadi gaya hidup untuk sebagian besar masyarakat, terutama masyarakat perkotaan.

Kurang lengkap rasanya apabila pergi tanpa menggunakan jam tangan dibagian kiri lengan anda. Selain berfungsi untuk mengetahui perputaran waktu agar lebih mudah, rupanya saat ini jam tangan lebih banyak dijadikan sebagai trend untuk melengkapi gaya berpenampilan. Itulah sebabnya untuk mereka yang seringkali ingin terlihat lebih rapih dan gesit, penggunaan jam tangan seringkali menjadi syarat khusus yang harus selalu ada.

Melihat fenomena yang semakin menyebar dimayarakat ini, seolah tak ingin kalah banyak produsen jam tangan berlomba-lomba menghadirkan aneka ragam bentuk, model dan gaya dari produk jam tangan yang diciptakannya. Dengan demikian, tak heran bila saat ini anda akan dapat dengan mudah mendapatkan aneka ragam jenis dan model jam tangan yang dijual di pasaran. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang menjulang dan begitu fantastis untuk sekedar sebuah jam tangan.

Akan tetapi apapun modelnya dan apapun merknya, pilihan ada ditangan anda sepenuhnya. Anda dapat dengan leluasa memilih sendiri jenis jam tangan yang ingin anda kenakan. Apalagi saat ini banyak barang yang dibuat mirip dengan jam tangan mahal dengan tampilan yang hampir serupa dan detail yang begitu mirip namun dijual dengan harga yang murah.

Untuk itu, sebaiknya jangan sampai tertipu dengan barang-barang imitasi yang dibuat dengan sedemikian mirip agar terlihat dengan yang asli. Bisa jadi, anda dibuat rugi karena mengeluarkan sejumlah uang yang banyak untuk barang murahan yang dibuat seperti aslinya.

Sayangnya, meski penggunaannya cukup fenomenal saat ini. Namun banyak orang justru mengalami keluhan setelah mneggunakan jam tangan. Tidak sedikit orang merasakan tanganya menjadi gatal-gatal atau perih. Luka atau iritasi pada bagian tangan ini pun seringkali membentuk pola melingkar sebagaimana pemakaian jam tangan itu sendiri.

Lantas mengapa hal tersebut demikian? Bisa jadi kondisi ini terjadi akibat bahan tali jam atau bisa pula dikarenakan penggunaannya yang kurang tepat. Untuk itulah, kali ini kita akan ulas lebih jauh dan lebih dalam mengenai bagaimana mencegah iritasi yang terjadi akibat penggunaan jam tangan.

Tips Cegah Iritasi Kulit Sewaktu Gunakan Jam Tangan

Kenali Terlebih Dahulu Bahan Yang Digunakan Sebagai Tali Jam

Hal yang pertama yang perlu anda lakukan sebelum memilih jam tangan yang anda kenakan adalah dengan mengenali terlebih dahulu bahan yang digunakan sebagai tali jam. Selain itu, hindari menggunakan jam tangan terlalu ketat apalagi sampai membuat bagian tangan anda tercekik terlalu kuat. Hal ini akan membuat kulit tangan anda tidak akan dapat bernafas dengan baik. Untuk itu, sebaiknya gunakan jam tangan yang cukup dan pastikan bila terdapat celah pada saat anda mengaitkan jam tangan yang anda gunakan.

Kondisi terlalu kencang pada saat menggunakan jam tangan akan dapat membuat pergelangan tangan menjadi mudah teriritasi. Penggunaanya yang terlalu ketat juga akan dapat menimbulkan warna yang kontras pada bagian kulit lainnya. Pergelangan tangan yang sering menggunakan jam tangan ketat akan mungkin menimbulkan warna yang belang serta menimbulkan bau sebab keringat tertahan didalamnya.

Tips Cegah Iritasi Kulit Sewaktu Gunakan Jam Tangan

Untuk itu, sebaiknya gunakan jam tangan agak longgar agar udara bisa masuk melalui celah yang ada pada tali jam. Sehingga kulit pergelangan tangan anda tidak mudah berkeringat dan menghindari resiko timbulnya iritasi dibagian ini.

Taburkan Talk Pada Pergelangan Tangan

Tidak ada salahnya untuk menaburkan bedak talk khusus pada bagian kulit untuk mengatasi iritasi yang terlanjur timbul. Pastikan bila anda menaburkan bedak sebelum anda menggunakan jam tangan. Bedak pun akan dapat bekerja untuk menyerap keringat sehingga kulit anda tidak akan mudah lembab karena keringan.

Akan tetapi, hal yang perlu diingat dalam hal ini adalah sebaiknya taburkan bedak atau gunakan seperlunya saja. Jangan taburkan terlalu banyak sebab hal ini malah akan menimbulkan masalah lain. Cukup taburkan bedak tipis saja dan ratakan dengan menggunakan tangan hingga warnanya tidak kontras dengan kulit tangan anda.

Pastikan Kulit Pergelangan Tangan Dalam Keadaan Kering

Sewaktu hendak menggunakan jam tangan sebaiknya pastikan bila tangan anda dalam keadaan kering, tidak berkeringat ataupun lembab. Dengan demikian pada saat setelah anda mencuci tangan atau menggunakan lotion sebaiknya pastikan jika tangan anda dikeringkan dan dibersihkan secara merata.

Kulit pergeralangan tangan yang berada alam kondisi yang lembab yang tertutupi dengan jam tangan akan dapat merangsang timbulnya kuman dan jamur berkembang biak dibagian bawahnya. Hal ini tentu saja akan dapat menimbulkan iritasi. Untuk itu, sebaiknya keringkan terlebih dahulu bila perlu lap dengan menggunakan kain yang menyerap air dengan baik. Atau bila perlu tunggu sementara sampai tangan anda menjadi lebih kering secara merata.

Pilihlah Model Jam Tangan Yang Tidak Terlalu Lebar

Sebagian orang ada mereka yang menyukai tali jam tangan dengan ukuran yang besa. Hal ini tentu wajar dan sah-sah saja selama kondisi ini tidak menimbulkan masalah pada kulit anda. Akan tetapi, untuk mereka yang seringkali bermasalah dengan iritasi maka sebaiknya hindari memilih jam tangan dengan tali jam yang berukuran besar. Sebab bagian kulit yang terututp jam tangan pun akan semakin luas pula. Untuk itu, silahkan pilih jam tangan dengan ukuran tali yang kecil atau tidak terlalu besar.

Angin-Anginkan Jam Setelah Selesai Digunakan

Umumnya banyak orang yang akan dengan mudah menaruh perlatan dan perhiasannya, termasuk jam tangan kedalam wadah atau kotak setelah selesai digunakan. Akan tetapi, untuk anda yang memiliki masalah dengan iritasi kulit yang seringkali muncul setelah menggunakan jam tangan bisa jadi hal ini terjadi karena keringat yang menempel pada tali jam yang tidak kering membuatya menempel kembali pada tangan.

Untuk itu, sebaiknya atasi masalah ini dengan tidak menaruh secara langsung jam tangan yang telah anda gunakan. Sebaliknya, simpan jam tangan ditempat terbuka dan biarkan sementara agar keringat atau debu yang ada pada jam tangan anda dapat dibersihkan secara merata. Bila perlu gunakan kipas angin untuk meredakan keringat yang ada pada jam tangan.

Rajin Mengkonsumsi Vitamin E

Konsumsi vitamin E akan sangat baik untuk kesehatan kulit. Bila kulit anda adalah tipikal kulit yang sensitif maka rajinlah mengkonsumsi suplemen vitamin E. Hal ini dikarenakan kondisi sensitif yang anda hadapi saat ini bisa jadi dipengaruhi sebab kebutuhan vitamin E dalam tubuh anda tidak tercukupi dengan baik.

Konsumsi suplemen vitamin E dalam bentuk kapsul atau bubuk akan bisa anda dapatkan dengan mudah. Sementara itu, bila kulit tangan anda sedang meradang cobalah buka kapsul vitamin E dan bubuhkan serbuk dibagian atasnya dengan merata. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa gatal dan tidak menimbulkan bekas iritasi.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah iritasi tangan akibat penggunaan jam tangan. Semoga bermanfaat!


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara