Postingan ini tidak bisa disalin
Tips & Trik memotret Outdoor
Tips & Trik memotret Outdoor
Tips & Trik memotret Outdoor,

1. Perhatikan Pencahayaan di Sekitar

Tips memotret di luar ruangan yang pertama adalah dengan memperhatikan karakter cahaya di sekitar lokasi pemotretan. Kita harus memperhatikan kondisi cuaca di lokasi. Jika kondisi cuaca kurang baik/tidak mendukung, kami sarankan untuk mencari waktu lain.


Ada tiga macam pencahayaan yang bagus untuk memotret outdoor. Key light, Fill light dan back light. Ketiga fase pencahayaan natural ini dapat Anda gunakan untuk memotret.


2. Mencoba Berbagai Kondisi Cahaya

setelah mengenali karakter cahaya di lokasi pemotretan, teknik memotret di luar ruangan selanjutnya yang perlu diingat adalah dengan berkesperimen dengan cahaya yang ada. Jangan biarkan waktu kosong hanya dengan menunggu momen golden hour, cobalah memanfaatkan cahaya yang ada saat itu untuk mencoba memotret.


3. Perhatikan Arah Cahaya Matahari

Cara memotret outdoor selanjutnya adalah dengan cara memperhatikan arah cahaya matahari di lokasi pemotretan. Cahaya matahari bisa menjadi teman dan juga musuh ketika memotret di luar ruangan. Anda harus memperhatikan dari mana arah cahaya matahari berada.


Pernah dengar kosakata backlight ? ya, itu terjadi ketika kita memotret di luar ruangan dengan menghadap matahari (objek membelakangi matahari). Namun ketika mampu memposisikan backlight dengan tepat justru mendapatkan foto dengan pencahayaan yang indah.


4. Gunakan Flash Sebagai Fill In

Bukan menjadi hal aneh ketika memotret outdoor disiang hari menggunakan flash. Fungsi flash disaat memotret disiang hari bisa untuk menghindari backlight disaat objek membelakangi sumber cahaya. Flash akan bertugas sebagai fill in untuk menerangi objek yang tidak langsung terkena cahaya matahari.


Pada kesempatan seperti itu, Anda bisa memanfaatkan fitur kamera Anda yang bernama flash compensation. Dimana fungsi flash compensation adalah untuk mengontrol intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh flash built-in.


5. Manfaatkan Reflektor

Tips memotret outdoor selanjutnya adalah dengan menggunakan reflektor. Relektor akan berfungsi memantulkan cahaya ke arah objek yang difoto untuk menerangi bagian yang terkena bayangan. Prinsip reflektor sendiri untuk memantulkan cahaya, jadi apapun jenis dan bentukanya bisa kita jadikan sebagai reflektor.


6. Memotret di Tempat Teduh

Dengan memotret di tempat teduh kita bisa mengindari bayangan kuat ke objek yang difoto. Tips memotret outdoor ini juga bisa membantu objek/model tidak kepanasan dan tidak cepat berkeringat. Meski tempat teduh, tapi usahakan tempat tersebut mendapatkan cahaya yang cukup. Hindari cahaya yang tidak rata jika motret model di outdoor, karena akan menimbulkan wajah mendapat separuh cahaya yang berbeda.


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara