Tips Agar Anak Tidak Gampang Sakit
Tips Agar Anak Tidak Gampang Sakit
Tips Agar Anak Tidak Gampang Sakit, Memiliki anak yang sehat dan tidak gampang sakit tentu menjadi suatu kepuasan tersendiri untuk para orang tua. Lima tahun pertama adalah masa emas kehidupan anak, banyak yang harus kita persiapkan agar kekebalan tubuhnya berkembang dengan sempurna.

Berikut kami bagikan tips agar anak tidak gampang sakit :

1.Berikan ASI Eksklusif

Bayi yang baru lahir hingga 6 bulan sejak kelahirannya sebaiknya hanya diberikan ASI, karena pemberian ASI saja sudah cukup untuk memenuhi gizi bayi dan pembentukan sistem imun tubuh. Sangat disarankan untuk tetap memberikan ASI hingga usia 2 tahun.

2. Memenuhi Semua Jenis Imunisasi

Lakukan imunisasi untuk anak Anda sesuai rekomendasi jadwal dan usia.

3. Pola Makan Sehat dan Bergizi

Biasakan anak untuk selalu mengkonsumsi sayur dan buah-buahan agar kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi dengan baik. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Berikan Madu

Setelah melewati umur 2 tahun orang tua bisa memberikan madu secara rutin. Madu memiliki kandungan anti virus, anti kuman dan kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

5. Hindari Makanan Instan dan Jajanan Yang Tidak Sehat

Anak-anak biasanya menyukai jajanan di pinggir jalan yang tidak tidak diketahui kebersihan dan nilai gizinya. Sebaiknya orang tua menyiapkan sendiri bekal atau snack dari rumah untuk buah hati Anda.

6. Pola Hidup Sehat

Ajak anak Anda untuk berolahraga rutin, olahraga membuat aliran darah menjadi lancar sehingga kecukupan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh semakin baik. Jangan lupa untuk beristirahat dengan waktu yang cukup, rekomendasi waktu istirahat berdasarkan umur :

  • Bayi 0-2 Bulan : 12-18 jam , 8,5 jam tidur malam dan 7,5 jam tidur siang
  • Bayi 3-11 Bulan : 14-15 jam , 11 jam tidur malam dan 4 jam tidur siang
  • Balita 1-5 Tahun : 12-14 jam , 10-11 jam tidur malam dan 2 jam tidur siang
  • 10-17 tahun : 8-9 jam setiap hari

7. Periksa Ke Dokter

Konsultasi dengan dokter menjadi salah satu tips yang direkomendasikan sehingga tumbuh kembang anak dapat dipantau dengan baik.

Demikian tips yang dapat kami berikan agar anak Anda tidak gampang sakit.


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara