Revolusi mental 140 miliar yang kontroversi
Revolusi mental 140 miliar yang kontroversi
Revolusi mental 140 miliar yang kontroversi,

Kita ketahui bahwasannya media online memiliki keunggulan dalam menyampaikan pesan, sehingga bukan hal asing lagi apabila masyarakat dan pemerintah menggunakan media tersebut sebagai salah satu kekuatannya dalam penyampaian pesan. via irfan web

Belum lama ini, Kementrian Koordinator Pembangunan Kemanusiaan dan Kebudayaan berhasil merealisasikan program komunikasi publik yang bernilai 140 miliar rupiah berupa pembuatan situs bernama Revolusi Mental dengan domain revolusimental.go.id.

Namun, peluncuran situs tersebut mengundak banyak reaksi negatif dari para netizen yang tidak buta akan media online, apalagi netizen itu banyak yang berasal dari kalangan Web Developer alias orang-orang yang ahli dalam seluk-beluk situs.

Shared Hosting

Reaksi negatif yang muncul salah satunya adalah mengenai uang 140 miliar rupiah yang diajukan untuk realisiasi program Kementrian Koordinator PMK tersebut.

Dengan uang sebanyak itu, mengapa situs yang diluncurkan sangatlah biasa dan bahkan setelah ditelusur oleh para Web Developer, situs yang dibuat menggunakan salah satu shared hosting yang sangat mudah untuk ditembus dan merupakan hosting murahan yang sangat tidak pantas apabila digunakan untuk tujuan khalayak umum apalagi pemerintahan, karena hosting yang digunakan memiliki batas akses bandwith. Seharusnya, situs sekelas pemerintahan memiliki server sendiri agar khalayak umum yang jumlahnya jutaan dapat mengakses dengan baik.

Website Down

Begini akibatnya kalau memakai shared hosting tetapi situs yang dibuat adalah situs pemerintahan,

Revolusi mental 140 miliar yang kontroversi

Mirip Situs Presiden Obama

Perbandingan Harga Shared Hosting yang Digunakan Situs RM. Sumber: IDWebhost

Tidak hanya itu, situs yang katanya "Revolusi Mental” ternyata tidak menunjukkan adanya revolusi mental tersendiri. Mengapa? Karena tampilan situs tersebut sangat mirip dengan tampilan situs milik Barack Obama dengan alamat www.barackobama.com.

Telusur demi telusur, ternyata memang benar. Situs tersebut mencomot CSS Code yang digunakan pada situs milik Barack Obama. Bagi kalian yang tidak tahu CSS itu apa, CSS adalah kode-kode yang dibuat oleh web developer dalam membangun tampilan sebuah situs. Kalau CSS suatu situs sama dengan CSS situs lain, otomatis tampilan kedua situs tersebut juga sama.

Yang parahnya lagi, hak cipta CSS Code tersebut diubah seolah-olah buatan orang "Revolusi Mental”. Sudah mencomot, mengaku-ngaku pula. Berikut ini screenshot-nya,

Lihat pada bagian Copyright-nya sob. Benar-benar "revolusi mental” ya! Ke mana kah uang 140 miliar rupiah yang banyak tersebut? Jadi pertanyaan besar kan?


Revolusi mental 140 miliar yang kontroversi
Kalau memang ingin revolusi mental, seharusnya mereka menggunakan para benih-benih web developer yang ahli dari dalam negeri. Bukan orang dari dalam "revolusi mental” itu sendiri hahaha. Saya yakin benih-benih web developer yang asli tidak menjiplak "plek” CSS Code milik situs lain, karena menjiplak adalah suatu hal yang memalukan bagi seorang programmer.

Sekali lagi, saya benar-benar meragukan ke mana kah uang 140 miliar rupiah yang diajukan pada bulan Februari lalu. Mudah-mudahan para "Revolusi Mental” tersebut segera sadar dan akhirnya mau memperbaiki kesalahan yang mereka buat, syukur-syukur rincian keuangan dari 140 miliar rupiah tersebut ditampilkan dipublik sehingga masyarakat tidak khawatir.

Inikah REVOLUSI MENTAL ???? Gimana Komentarmu ?


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara