Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga
Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga
Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga,

Dengan kekuatan super mereka, semut-semut ini terlihat seperti siap untuk membuat karya seni dengan mengangkat pensil-pensil yang beratnya beberapa ribu kali berat badan mereka sendiri.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Fotografer Vietnam Thanh Ha Bui menangkap gambar-gambar yang luar biasa ini di halaman belakang rumah orang tuanya, setelah melihat semut-semut rangrang super kuat berbaris di cabang pohon, kemudian memutuskan untuk menguji kemampuan “mengangkat” mereka yang legendaris.

Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga

Awalnya ia bereksperimen dengan potongan-potongan makanan dan daun, dan kini berakhir dengan pemotretan yang luar biasa ini – dengan setiap semut menampilkan kekuatan tingkat tingginya.

Mr Bui, 31, seorang pekerja konstruksi dan fotografer freelance, menjelaskan bagaimana dia telah terpesona dengan semut api – terkenal sebagai “binaragawan dari kerajaan serangga” – sejak mengamati mereka dalam perjalanan ke Brasil.

Dia berkata: “Suatu hari saya melihat pohon-pohon di kebun orang tua saya – pohon adalah salah satu inspirasi besar saya – dan tiba-tiba saya melihat semut-semut ini berbaris dan mereka menatap saya.

“Saya ingat melihat beberapa semut seperti ini ketika saya bepergian di Florianopolis di Brasil di mana saya melihat semut-semut membawa bunga kecil yang indah.

“Saya memiliki ide untuk mencoba berinteraksi dengan mereka dengan menawarkan mereka makanan seperti kulit kentang dan buah kelapa yang telah menjadi kompos di kaki pohon tapi saya tidak tahu bahwa mereka akan berubah menjadi begitu kuat.

Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga

‘Seiring berjalannya waktu, hal ini menjadi semacam permainan – momen penjinakan. Saya mulai menarik perhatian mereka dengan makanan dan mencoba segala macam objek yang berbeda untuk melihat apakah mereka bisa membawanya.”

‘Saya mulai dengan daun dan kemudian pindah ke cabai, lalu potongan kertas dan bunga.”

“Saya benar-benar terkejut dengan kekuatan mereka. Tidak ada yang sebanding untuk itu. Bahkan teman-teman fotografer saya berpikir bahwa itu adalah foto palsu karena sangat luar biasa.

“Sebagai perbandingan, apa yang mereka lakukan sama seperti manusia yang mengakat ikan paus.”

Semut rangrang (weaver ant) dikenal sebagai “juara angkat besi” dari dunia serangga. Rata-rata, mereka hanya berukuran 4-10 milimeter panjangnya, tetapi dapat membawa item ratusan kali berat badan mereka sendiri dengan rahang mereka yang super kuat.

Ini adalah setara dengan rata-rata pria mengangkat 8600kg dengan giginya.  (jadi inget lagu obbie messakh: “malu aku malu … pada semut merahh) Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga

Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga

Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga

Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga

Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara