Pengertian dan Kedudukan Proposal Peneltian
Pengertian dan Kedudukan Proposal Peneltian
Pengertian dan Kedudukan Proposal Peneltian,

1.

Proposal penelitian adalah rancangan penelitian dari seorang mahasiswa yang akan mengadakan penulisan karya ilmiah berupa skripsi, tesis maupun disertasi. Proposal merupakan bukti kemampuan mahasiswa dalam pembuatan rancangan penelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan tertentu. Proposal disusun untuk dilanjutkan membuat karya ilmiah berupa skripsi, tesis maupun disertasi.

Proposal mempunyai karakteristik atau ciri-ciri khusus dari beberapa penulisan karya ilmiah lain. Adapun karakteristik proposal, yaitu; (1) isinya berfokus pada kajian mengenai salah satu isu sentral yang tercakup dalam disiplin ilmu tertentu, sesuai program studi yang ditempuh oleh mahasiswa yang bersangkutan, (2) merupakan rancangan pengujian empirik terhadap posisi teoritik tertentu dalam disiplin ilmu yang dipelajari, (3) mengungkapkan data primer sebagai data utama yang dapat ditunjang oleh data sekunder, sedangkan untuk proposal penelitian bilbiografi digunakan sumber yag otentik, dan (4) ditulis dalam bahasa Iindonesia yang baik dan benar kecuali program luar negeri atau jurusan Bahasa Inggris, proposal ditulis dalam Bahasa Inggris.

Kedudukan penulisan proposal sebagai karya ilmiah di perguruan tinggi sangat penting dan merupakan bagian dari tuntutan format akademik. Dilihat dari tujuan penulisannya yaitu sebagai syarat yang dituntut dari mahasiswa ketika akan menyelesaikan program studi. Melalui penyusun proposal ini, mahasiswa dapat mengungkapkan pikiran secara sistematis sesuai kaidah-kaidah keilmuan. Dengan mengacu kepada hasil kajian pustaka yang bersumber dari pulikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, buku teks, atau publikasi internet, mahasiswa melakukan pengamatan lapangan, melakukan berbagai macam penelitian dan berbagai kajian. Dalam kaitannya proposal merupakan wahana komunikasi hasil-hasil penelitian ilmiah dan masyarakat akademiknya untuk diuji secara terbuka dan objektif serta mendapatkan koreksi dan kritik dari dosen pembimbing atau promoter. Di pihak lain proposal merupakan wahana untuk menyajikan nilai-nilai praktis maupun nilai-nilai teoritis hasil-hasil pengkajian dan rancangan peneltian ilmiah yang dilakukan mahasiswa. Dengan sifat dan kedudukan ini, makan proposal dalam lingkungan masyarakat akademik dapat memeperkaya khasanah keilmuan dan memperkokoh paradigm keilmuan pada bidang atau disiplin ilmu yang relevan.

Penyusunan proposal di perguruan tinggi itu, tergantung pada ketentuan masing-masing lembaga yang bersangkutan, yang dikenal dengan Pedoman Penulisan Proposal. Tujuannya agar ada kesamaan bahasa antara dosen pembimbing dan mahasiswa berkenaan dengan pengertian, ruang lingkup, karakteristik, dan format proposal yang ditulis secara ilmiah oleh mahasiswa serta berlaku secara umum di lingkungan perguruan tingginya.

Sumber Postingan: www.arenastatistics.com

Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara