Masalah Sensor Dalam Film Yang Tidak Tepat
Masalah Sensor Dalam Film Yang Tidak Tepat
Masalah Sensor Dalam Film Yang Tidak Tepat,

Inilah masalah besar bagi seluruh penikmat film di Indonesia: sensor. Di negara ini, semua yang dianggap tidak bermoral disensor. Gambarnya dibuat blur. Padahal, penyensorannya kadang tidak tepat sasaran dan malah merusak cerita. Seperti apa yang dialami film-film berikut ini.

1. Doraemon

Masalah Sensor Dalam Film Yang Tidak Tepat

kalau ini mungkin memang harus kena sensor via jurnalotaku.com

Kartun asal Jepang tentang robot kucing ini sudah menemani masa tumbuh kembang anak-anak di Indonesia. Sayangnya, sejarah panjang itu tidak membuatnya lolos dari aksi sensor. Shizuka yang lagi berbaju renang aja kena blur. Padahal, kan dia cuma mau berenang doang.

2. Spongebob Squarepants

Masalah Sensor Dalam Film Yang Tidak Tepat

Sandy juga kena sensor via duniaku.net

Kasusnya mirip sama kasus Doraemon tadi. Kali ini yang jadi korban blur adalah Sandy si Tupai. Dia yang sedang memakai baju renang juga kena sensor. Padahal, kan wajar aja. Secara habitat aslinya di darat dan di laut tentu secara naluri dia pakai baju renang/bikini dong.

3. Deadpool

Masalah Sensor Dalam Film Yang Tidak Tepat

kena sensor karena terlalu sadis via malesbaget.com

Kita semua tau kalau Deadpool itu menarik karena rating 17+nya. Makanya, banyak adegan darah berceceran dan seks dimana-mana. Dan atas dasar menjaga moralitas bangsa, Deadpool banyak kena sensor. Ada yang dipotong dan di zoom biar tetep aman ditonton. Padahal salah satu adegan brutalnya Deadpool yang kena potong itu punya potensi jadi salah satu adegan paling memorable.

4. The Dark Knight

Masalah Sensor Dalam Film Yang Tidak Tepat

yang begini pasti juga kena sensor via copycateffect.blogspot.com

Film bagus garapan Christopher Nolan ini juga ga luput dari sensor. Padahal secara rating, film ini bagus banget. Sayang, KPI(atau PSF) berkata lain. Two Face aja jadi korbannya. Mukanya kena blur sebelah. Padahal, luka bakar parah di setengah mukanya itu yang menjadi ciri khas villain ini.

5. The Raid

Masalah Sensor Dalam Film Yang Tidak Tepat

salah satu adegan di the Raid yang kena sensor via cikgumanstation.blogspot.com

Jurus-jurus silat yang intense dan mematikan adalah jualan utama film ini. Hal itu juga lah yang membuat film ini menarik. Sayangnya, karena takut dianggap mengajarkan kekerasan kepada anak, banyak adegan sadis di The Raid yang kena potong. Padahal, kalau orang yang engga terlatih mana bisa meniru adegan bertarung yang indah begitu.

Kalau tujuannya untuk melindungi generasi muda dari tayangan yang merusak moral, sih oke oke aja. Tapi kalau sudah sampe tingkat bikin bingung penonton, kan kasihan nanti pembuatnya.


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara