Lima Manfaat Sarapan dan Tips Sehatnya
Lima Manfaat Sarapan dan Tips Sehatnya
Lima Manfaat Sarapan dan Tips Sehatnya,

Sarapan layaknya raja, makan siang layaknya pangeran dan makan malam layaknya pengemis merupakan sebuah ungkapan yang secara tidak langsung menggambarkan pentingnya sarapan bagi tubuh kita.

Sarapan seringkali dilupakan dan dilewatkan dengan alasan sibuk, atau kita sarapan tapi menunya tidak memenuhi standar gizi. Padahal gizi dalam menu sarapan sangat penting apalagi bagi orang-orang yang sibuk seharian.

Sarapan atau makan pagi dalam Bahasa Inggris disebutbreakfast yang berasal dari dua kata yaitu break atau breaking yang artinya memutuskan atau memecahkan danfast yang artinya puasa. Makan pagi berguna untuk menyediakan sumber tenaga bagi tubuh setelah semalaman tidak makan atau puasa karena tidur panjang, itulah mengapa dalam Bahasa Inggris dinamakan breakfast yang memiliki arti breaking the fast yang artinya memutuskan puasa. Apabila kita tidak melakukannya, maka tubuh kita akan seperti mobil yang bergerak tanpa bahan bakar.

Melewatkan makan pagi karena alasan tidak ada waktu membuatnya adalah hal yang paling sering kita temui, tidak hanya anak sekolah saja, orang dewasa yang bekerja pun sering, bahkan sangat sering melakukannya. Beberapa orang dewasa bahkan sengaja melewatkan makan pagi dengan alasan ingin kurus atau diet, padahal melewatkan makan di pagi hari membuat potensi diabetes dan obesitas semakin tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Bath di Inggris yang dinamakan Bath Breakfast Project, menggambarkan akibat dari makan pagi yaitu seimbangnya kandungan glukosa dalam tubuh. Para peneliti meminta kepada sekelompok orang untuk memakan sekitar 700 kalori pada pukul 11 siang dan kelompok lainnya berpuasa hingga pukul 1 siang. Kedua kelompok setelah pukul 1 siang boleh memakan apa saja dan dimana saja setelahnya dan tidak pula dimonitor tinggal gula dalam darahnya setiap 5 menit.

Meskipun kedua kelompok memiliki persamaan boleh makan apa saja setelah pukul 1 siang, para pelewat makan pagi ternyata memiliki lonjakan dan penurunan tingkat glukosa yang cukup tinggi. Orang-orang yang melakukan makan pagi meningkatkan sensitivitas insulin mereka sendiri, sebagai reaksi dari meningkatnya glukosa, sekitar 10 persen. Makan pagi membuat metabolisme tubuh mengatur tingkat gula darah menjadi stabil.

Berikut adalah 5 manfaat dari sarapan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Menjaga jantung

Hasil penelitian terbaru yang melibatkan hampir 27.000 orang, para peneliti menemukan bahwa mereka yang tidak makan pagi sebanyak 27 persen memiliki potensi lebih besar terkena penyakit jantung daripada mereka yang makan pagi. Orang-orang yang melewatkan makan pagi terindikasi meningkat berat badannya yang dapat menggiring mereka pada diabetes, dan juga kolesterol tinggi dan darah tinggi; yang kesemuanya itu dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Alasannya masih belum diketahui pasti, kemungkinan menurut para ahli akibat perilaku makan berlebihan sepanjang hari dari para pelewat makan pagi.

2. Menurunkan resiko diabetes tipe 2

Makan pagi dapat membantu tubuh terhindar dari fluktuasi tingkat glukosa yang artinya membantu tubuh terhindar dari resiko diabetes. Hasil penelitian terhadap 30.000 orang menemukan bahwa mereka yang tidak makan pagi resiko terkena diabetesnya meningkat sekitar 21 persen. Bagi wanita di bawah usia 65 tahun yang melewatkan makan pagi meskipun hanya beberapa kali setiap minggunya, meningkat resikonya sekitar 28 persen lebih tinggi dari para wanita yang makan pagi secara teratur. Dan khusus bagi wanita yang hanya minum secangkir kopi di pagi hari, mereka yang bekerja purna waktu resikonya lebih besar daripada mereka yang bekerja paruh waktu, kemungkinan besar disebabkan oleh stress pekerjaan yang ditemukan dapat meningkatkan tingkat glukosa dalam darah.

3. Bergerak lebih aktif

Hasil penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nurition (AJCN), orang-orang yang makan pagi secara fisik lebih aktif sepanjang pagi daripada orang-orang yang melewatkannya. Kemungkinan besar diakibatkan dari meningkatnya tingkat gula darah sementara waktu yang memberi mereka energy lebih. Hal ini menarik karena mereka yang makan pagi mengkonsumsi kalori lebih banyak darpada yang tidak, tapi tubuh mereka tidak menjadi gemuk karena gerakan mereka yang lebih aktif.

4. Meningkatkan kinerja otak

Penelitian yang melibatkan anak-anak dan orang dewasa menghasilkan kesimpulan bahwa makan pagi dapat meningkatkan memori atau ingatan, perhatian, kecepatan memproses informasi, penalaran, kreatifitas, belajar, dan kemampuan verbal atau lisan. Para ahli dari Universitas Milan, Italia, melihat dari 15 penelitian dan menemukan beberapa bukti bahwa kemungkinan hal ini disebabkan oleh stabilnya tingkat glukosa.

5. Membantu menjaga berat badan tetap rendah

Meskipun lebih dari 100 penelitian menyatakan bahwa makan pagi dapat membuat kita terhindar dari resiko obesitas, hal ini tidak membuktikan bahwa makan pagi dapat menjaga berat badan atau menurunkan berat badan. Turunnya berat badan lebih disebabkan oleh perilaku menjaga pola makan. Orang-orang yang makan banyak kalori di pagi hari daripada malam hari lebih mudah turun berat badan daripada orang-orang yang banyak makan di malam hari.

Sebagai orang Indonesia kita terbiasa makan pagi hanya dengan sejumlah gorengan dan secangkir kopi atau teh. Pertanyaannya, sudah terpenuhikah kebutuhan gizi tubuh kita di pagi hari hanya dengan makan makanan tersebut? Dan makan pagi seperti apakah yang baik bagi tubuh?

Para ahli nutrisi menyarankan dua hal ini terkait dengan sarapan, yaitu:

  • Sarapan sebaiknya dilakukan 2 jam setelah kita bangun pagi
  • Sarapan yang sehat harus mengandung kalori sekitar 20-35 persen dari pedoman jumlah harian (GDA: guideline daily amounts), yaitu 400-700 kkal bagi wanita, 500-875 kkal bagi pria, dan 360-630 kkal bagi anak-anak usia 5-10 tahun. (daftar kalori makanan: http://www.sampulo.com/id/tabel-kalori-makanan.php )

Selain menyediakan tenaga bagi tubuh, makan pagi merupakan sumber yang baik beberapa nutrisi penting seperti kalsium, besi, dan vitamin B seperti juga protein dan serat. Tubuh membutuhkan nutrisi-nutrisi penting ini dan apabila kita kehilangan mereka saat makan pagi, agak sulit untuk menggantikannya di waktu yang lain msekipun kita makan lebih banyak. Buah dan sayuran merupakan sumber dari vitamin dan mineral, maka biasakanlah untuk memakannya di pagi hari meskipun hanya sebuah pisang atau segelas jus buah.

Berikut adalah tips sarapan sehat yang dapat kita aplikasikan disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Menggunakan makanan wholegrain

Biji-bijian utuh (wholegrain) sangat disarankan untuk dimakan ketika kita makan pagi karena dapat membuat perut terasa penuh lebih lama dan menurunkan resiko terkena beberapa jenis kanker, diabetes tipe 2, dan stroke. Wholegrain bisa didapatkan dalam bentuk roti dan sereal, dan oat.

Mengkombinasikan karbohidrat dan protein

Makanan yang baik tentunya adalah makanan yang seimbang kandungan nutrisinya. Karbohidrat yang didapat dari roti, sereal, nasi, dan oat dapat kita kombinasikan dengan sumber protein seperti susu, telur, yogurt, kacang-kacangan, dan daging rendah lemak seperti bacon, dan juga ikan seperti ikan kering asap atau salmon.

Memasukan buah dan sayur

Jangan melupakan buah dan sayur ketika makan pagi karena mereka penting sebagai sumber serat juga vitamin bagi tubuh kita. Kita dapat mengkonsumsi buah langsung makan atau dalam bentuk segelas jus. Buah berry dan potongan apel dapat kita masukan dalam sereal maupun bubur nasi atau oat. Sementara itu untuk sayuran, kita bisa memakan kacang panggang atau menambahkan tomat segar dan jamur matang di atas roti panggang.

Tetap terhidrasi

Setelah semalaman tanpa cairan yang masuk ke dalam tubuh, minuman sangat penting dalam makan pagi agar kita tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan perasaan ingin marah-marah. Mulailah hari dengan segelas air, jus buah, atau teh herbal. Minum kopi dan teh tidak mengapa, tapi disarankan tetap minum air karena teh dan kopi mengandung kafein yang dapat membuat kita sering ke belakang.


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara