Kuliner yang wajib dicoba di Brasil
Kuliner yang wajib dicoba di Brasil
Kuliner yang wajib dicoba di Brasil,

Brasil kini sedang sibuk menjadi tuan rumah pertunjukan olahraga akbar terbesar di seluruh dunia yaitu Olimpiade 2016 yang berlangsung sejak 5 Agustus hingga 21 Agustus 2016.

Negara dengan jumlah penduduk paling besar di Amerika Selatan ini memilikipilihan tempat wisata yang siap menjamu para wisatawan yang memang sengaja menonton Olimpiade 2016. Selain tempat wisatanya mempesona, ragam kuliner Brasil pun ternyata juga menggiurkan.

Bicara tentang makanan, ketika Anda berada di Brasil tidak perlu khawatir dengan rasa makanan asli Negeri Samba ini. Sebab, Brasil yang juga merupakan negara tropis seperti Indonesia sehingga memiliki kesamaan bahan kuliner seperti, singkong, kacang-kacangan dan santan.

Di Brasil, Anda bisa mencicipi sup kacang hingga camilan gurih yang digoreng yang mirip risoles. BBC melansir 10 makanan wajib coba saat berada di Brasil.

1. Daging bakar

Di Brasil terkenal daging bakar adalah picanha. Ini adalah jenis bistik yang dianggap paling enak di Brasil yang berasal dari puncak tanjung sapi. Potongan daging premium menjadi cirinya.

Picanha dibumbui dan dibakar bersama lemaknya kemudian daging dibakar berwarna merah muda ini diatas arang atau kayu. Setelah matang diiris tipis sebelum disajikan.

Selain picanha, ada juga churrascaria yaitu daging sapi, babi yang ditusuk ke batang sapi atau kayu lalu dibakar dengan arang sambil diputar putar.

2. Moqueca

Makanan berbahan santan dan hidangan laut juga cukup poopuler di Brasil. Salah satunya adalah moqueca atau bisa disebut dengan sup ikan.

Sup ikan atau makanan laut yang berkuah kental ini terbuat dari minyak sawit dan santan kelapa kaya akan rempah karena memakai ketumbar, dan bawang. Cara memasaknya direbus dengan tomat yang dipotong dadu.

Sup yang biasanya menggunakan udang atau ikan disajikan dengan unik yaitu dengan menggunakan wadah saji dari tanah liat.

Saat memasak sup ikan ala Brasil ini, Anda juga bisa menambahkan perasan lemon atau irisan paprika untuk menambah rasa segar.

3. Cachaca

Cachaca terbuat dari fermentasi jus tebu. Cachaca adalah minuman favorit masyarakat Brasil yang dikenal sebagai Brazilian rum ini sudah dibuat sejak tahun 1500an.

Dulunya, cachaca adalah minuman para budak untuk menambah energi ketika mereka bekerja. Tapi kini cachaca menjadi koktail bagi seluruh lapisan masyarakat Brasil yang juga digemari para wisatawan.

Salah satu jenis minuman koktail yang terkenal di Brasil yang berbahan dasar cachaca dengan campuran buah jeruk nipis yang di potong kecil dan di tumbuk adalah caipiriha.

4. Brigadeiros

Makanan manis bernama brigadeiros ini biasanya menjadi hidangkan dalam suata pesta khususnya sajian untuk disantap anak-anak.

Brigadeiros adalah cokelat truffle yang terbuat dari susu kental manis dan dan krim kemudian digulung menjadi bola lalu ditutupi taburan cokelat.

5. Pao de queijo

Pao de queijo adalah roti bulat khas Brasil yang biasanya dijadikan camilan atau penambah hidangan para waktu sarapan.

Rasanya renyah di luar, lembut dan kenyal di dalam. Roti yang terbuat dari tepung tapioka, telur dan parutan keju kemudian digulung menjadi bola kecil.

Pao de queijo enaknya disantap selagi panas dengan ditemani secangkir kopi atau teh sesuai selera.

Roti ini mudah ditemukan di mana saja ketika Anda berada di Brasil. Pao de queijo yang paling enak ada di wilayah Minas Gerais.

6. Acaraje

Acaraje merupakan hidangan yang terbuat dari kacang polong yang dibentuk menjadi bola lalu digoreng ke dalam minyak kelapa sawit.

Kemudian setelah masak, diiris dan diisi dengan udang kering dan vatapa yaitu pasa pedas terbuat dari udang, kacang mete yang ditumis.

Makanan yang berasal dari Bahia di Brasil Utara ini akan lebih nikmat ketika disajikan panas ditambah saus cabai.

Dilansir Kompas, acaraje termasuk kudapan paling menggemukan di dunia karena dalam membuatnya menggunakan minyak dalam jumlah banyak.

7. Quindim

Satu lagi kudapan manis dari Bahia, Brasil yang sayang untuk dilewatkan, yaitu quindim. Hampir sama seperti sajian agar-agar di Indonesia, quindim sebagai sajian pencuci mulut ini dibuat dari agar-agar yang dicampur dengan kuning telur, gula dan kelapa parut. Teksturnya sedikit padat karena menggunakan kelapa parut, tapi bagian atasnya lembut.

8. Acai

Acai merupaka buah khas dari hutan Amzon yang dikenal memiliki banyak manfaat.Acai mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki metabolisme tubuh dan mempercantik kulit.

Melansir Huffingtong Post, acai juga bisa dijadikan pendamping sarapan sehat.

9. Feijoada

Feijoada merupakan makanan nasional Brasil dengan bahan utama kacang hitam dengan berbagi jenis daging. Bisa daging sapi atau babi yang diasinkan dari berbagai bagian tubuh babi (telinga, ekor, kaki).

Biasanya feijoada hangat disajikan dalam secangkir gelas ditemani roti akan terasa nikmat.

10. Coxinha

Brasil juga dikenal dengan camilan yang digoreng seperti coxinha. Sekilas bentuk coxinha mirip risoles, tapi masyarakat Brasil menyebutnya paha ayam karena bentuknya seperti paha ayam.

Untuk membuat coxinha tidak sulit. Caranya adonan coxinha diisi ayam suwir kemudian diberi lapisan tepung roti. Baru kemudian coxinha digoreng dalam minyak panas. Tak hanya ayam, ada juga coxinha yang berisikan keju. Anda bisa mencocol coxinha ke saus tomat atau saus sambal, sesuai selera sebagai camilan sore.


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara