Apa Itu Linux? : Definisi, Kelebihan, dan Perbandingan
Apa Itu Linux? : Definisi, Kelebihan, dan Perbandingan
Apa Itu Linux? : Definisi, Kelebihan, dan Perbandingan,

Apa Itu Linux? : Definisi, Kelebihan, dan PerbandinganIlustrasi: Elementary OS Sumber

Pertama tama apa itu sistem operasi? Sistem operasi adalah suatu perangkat lunak atau software yang berfungsi mengendalikan hardware atau perangkat keras. Sistem operasi merupakan kebutuhan dari semua pengguna komputer saat ini. Tanpa adanya sistem operasi dapat diibaratkan seperti manusia tanpa nyawa. Sedikit hiperbola sih, tapi ngga apa apa lah 

Sistem operasi berfungsi berfungsi sebagai komunikator antara manusia dengan hardware. Sistem operasi berinteraksi dengan BIOS agar bisa mengendalikan hardware. Terus apa itu Linux?

Apa itu Linux?

Definisi Linux

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe UNIX. Linux bukanlah sebuah sistem operasi atau operating system. Melainkan adalah kernel. Yapz! Linux adalah kernel. Apa sih kernel itu? Kernel adalah inti dari suatu sistem operasi. Kernel berfungsi untuk melakukan interaksi dengan BIOS agar software bisa sinkron dengan hardware. Jadi sistem operasinya apa dong?

Distro Linux

Apa itu distro Linux? distro disini bukan tempat berjualan baju. Distro Linux adalah macam-macam sistem operasi Linux. Contohnya seperti Ubuntu, Linux Mint, Debian. Nah sistem - sistem operasi tersebut dinamakan Distro Linux. Karena sistem - sistem operasi tersebut menggunakan Linux sebagai kernelnya. Banyak dari kita salah kaprah tentang Linux. Menganggap Linux adalah sistem operasi. Hal ini tidak salah. Namun juga kurang tepat.

Sejarah Linux

Linux dibuat oleh mahasiswa asal Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Linux merupakan proyek yang terinspirasi dari proyek MINIX. Apa itu MINIX? MINIX adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Kelebihan Linux

1. Linux merupakan sistem operasi sumber terbuka atau open source. Sobat ngga usah pusing lagi dengan harga sistem operasi. Linux merupakan sistem operasi yang freeFree disini bukan berarti gratis. Namun bebas! Jadi sobat bisa sesuka hati mengubah ubah bahkan mendistribusikan kembali Linux tanpa harus berkenaan dengan hak cipta. Jadi sobat bisa dengan bebas bikin sistem operasi sendiri. Tinggal cari yang sudah jadi, edit edit sesuka sobat. Lalu distribusikan 

2. Linux relatif aman dari virus. Saat sobat menggunakan Linux, ngga usah pusing pusing lagi dengan yang namanya virus! namun bukan tidak ada virus sama sekali di Linux. Ada, hanya jumlahnya sangat sedikit. Jadi sobat ngga usah pusing pusing cari antivirus. Belum mahal harganya. Bisa bikin sistem operasi sobat jadi berat.

3. Memiliki keamanan yang tebal. Saat sobat menggunakan Linux. Sobat ngga usah khawatir lagi dengan yang namanya hacker. Hacker hacker akan dijamin kewalahan untuk masuk ke dalam sistem operasi sobat. Kecuali kalau sobat sendiri yang ngasih jalan hehehe.

4. Memiliki komunitas yang tersebar di seluruh dunia. Linux merupakan sistem operasi open source. Sehingga siapa saja dapat menjadi developer Linux! ngga memikirkan kelamin, usia, tempat tinggal dan lain - lain.

Perbandingan Distro - Distro Linux.

Banyak sekali distribusi Linux yang tersebar di internet. Dari yang mudah, yang sulit, maupun untuk hacking sekalipun! Distro - distro Linux memiliki fitur yang berbeda beda tergantung kepada si pembuat distro itu sendiri. Namun jika anda merupakan pengguna awam di linux anda direkomendasikan menggunakan:

  1. Ubuntu
  2. Linux Mint

Jika anda ingin menggunakan Linux untuk kegiatan penetration testing atau bahasa kasarnya hacking. Anda bisa memakai:

  1. Kali Linux
  2. Backbox Linux

Jika anda ingin menggunakan Linux sebagai sistem operasi untuk server, maka anda direkomendasikan menggunakan

  1. CentOS
  2. CloudLinux

Namun pemilihan distro distro Linux kembali kepada selera sobat Karena beda distro beda rasa.

 

Nah! jadi itu ulasan singkat tentang Linux. Kesimpulannya Linux adalah sebuah kernel, bukan sebuah sistem operasi. Sistem operasi yang menggunakan Linux disebut distro Linux. Banyak sekali kelebihan Linux diantaranya: open source, aman dari virus, kemanannya kuat, dan komunitasnya banyakSemoga artikel ini dapat bermanfaat.Wasalamualaikum Wr. Wb

.

Sumber Postingan: http://www.fikrirp.xyz/

Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara