8 Hal Mistis Yang Benar - Benar Eksis Di Maluku
8 Hal Mistis Yang Benar - Benar Eksis Di Maluku
8 Hal Mistis Yang Benar - Benar Eksis Di Maluku,

Setiap suku/ daerah pasti memiliki tradisi dan budayanya masing - masing. Seperti halnya di Maluku, hal - hal unik berbau mistis maupun supranatural ternyata masih eksis hingga sekarang padahal jaman sudah sangat moderen. Terlepas dari perkembangan jaman tersebut, ada baiknya kita mengetahui delapan hal supranatural yang dimiliki orang Maluku di bawah ini ;

#1 manusia terbang Suku Naulu

Dunia luar memahami kalau manusia hanya bisa terbang menggunakan bantuan teknologi, tapi di Maluku khususnya di Pulau Seram terdapat suku Naulu yang memang bisa terbang. Suku ini sering dikenal dengan penduduk asli Pulau Seram, memiliki ketrampilan berburu, bertani, berperang dll. Ciri - ciri mereka adalah berpakaian merah - merah begitupun dengan kain penutup kepala, tetapi ada juga yang menggunakan kain kepala berwarna biru yang tinggal jauh di atas gunung. Konon Naulu yang berpenutup kepala biru ini memiliki kekuatan supranatural yang sangat tinggi, mereka juga jarang sekali menampakan diri pada penduduk - penduduk biasa. Mengenai terbang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain merupakan hal biasa bagi orang Naulu.

#2 pakatang

pakatang atau sejenis jimat dapat berupa batu, kain, akar - akar tanaman dll sering digunakan orang Maluku jaman dahulu untuk membantu proses bekerja dan termasuk dalam kategori barang - barang adat (pusaka adat). Khasiat pakatang paling populer adalah kebal atau tidak mempan dengan senjata tajam, sering diterapkan orang Maluku dalam berperang. Seiring perkembangan jaman, orang - orang mulai memilih hidup modern dan mulai meniggalkan barang - barang tersebut, tapi ada saja orang - orang jahat dan iseng yang menyalahgunakan barang - barang ini untuk kepentingan diri sendiri seperti memikat perempuan, membantu usaha laris manis, hingga bentrok bakupukul dengan orang lain. Sangat miris.

#3 wujud leluhur tiap mata rumah

Percaya atau tidak, setiap mata rumah (marga) orang maluku memiliki nenek moyang masing - masing yang kadang menginterfensi dunia nyata dengaan wujud - wujud tertetntu seperti bebek, buaya, ular tembaga, manusia tua dll dan hanya orang Maluku terpilih yang bisa mengenali nenek moyang mereka serta mampu membedakan mana roh jahat dan mana roh baik dalam wujud - wujud tersebut.

#4 suanggi

Hal ini merupakan 100% praktek ilmu hitam karena suanggi sebenarnya adalah manusia yang melakukan ritual pada iblis. Suanggi akan melakukan tarian khusus di bawah bulan purnama hingga pada proses pelepasan kepala dari tubuh kemudian mencari bayi atau anak - anak untuk dimakan bagian tubuh mereka. Biasanya suanggi ada di daerah - daerah perkampungan seperti di pedalaman pulau Yamdena, Seram, Tual dll akan tetapi pada tahun 2013-2014 disiarkan banyak media mengenai kasus suanggi yang muncul secara terang - terangan di siang hari di Ambon. Hal ini berarti eksistensi mereka masih tetap ada sekalipun jaman sudah sangat modern

#5 pataheri/ potong kepala

Tradisi yang satu ini sangat menjadi momok bagi anak laki - laki sulung karena jika sedang musim orang potong kepala, setiap anak laki - laki wajib mengamankan diri di dalam rumah di atas jam 5 sore. Mengapa potong kepala ? orang Maluku paham ada tingkatan ilmu supranatural dimana salah satu tahap memperolehnya adalah dengan syarat kepala anak laki - laki yang berumur tertentu dan masih perjaka. Tradisi pataheri ini diyakini masih dijalankan beberapa suku minoritas di beberapa pedalaman Maluku.

#6 botol manci

Botol manci merupakan sosok supranatural yang katanya hanya ada di Maluku. Ciri - ciranya seperti orang kerdil menggunakan topi dan sangat menyukai bola (pimpong, kasti, volly dll) dan sering bergerombolan, berbicara dengan manusia seperti biasa - biasa saja dan karena memang tidak menakutkan tetapi sebagian orang percaya ada botol manci ada yang sangat jahat yang tidak bisa diajak kompromi. Konon botol manci merupakan bangsa makhluk halus kerdil yang memiliki daerah kekuasaan yang menjadi tempat tinggal mereka, tidak sedikit juga yang bersahabat akrab dengan manusia.

#7 khasiat pakaian tenun lengkap

Oleh karena produksi kain tenun paling banyak dilakukan oleh orang Maluku Tenggara maka hanya sedikit orang yang memahami jika seseorang sedang sakit, cukup menggunakan kain tenun (yang asli) menutupi seluruh badannya kemudian tidur, dan pada saat bangun, orang tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Percaya atau tidak, hal ini benar - benar terjadi.

#8 Bahasa Tanah hanya diketahui orang - orang tertentu

Bahasa Tanah atau bahasa asli orang Alifuru ini tidak untuk dipelajari secara detail atau dipublikasikan karena ini sangat amat rahasia dan hanya orang - orang tertentu yang bisa berbahasa tanah dengan benar, anehnya bahasa ini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang. Dengan kata lain, seseorang hanya akan bisa berbahasa tanah jika ia layak untuk menerima warisan tersebut.

Ada tradisi yang harus tetap dijaga, ada pula tradisi yang sebaiknya ditinggalkan karena bagaimanapun manusia semestinya hidup dengan nilai - nilai kemanusiaan. Khusus untuk hal tradisi yang bersifat warisan turun temurun sebaiknya tetap dijaga baik - baik karena kita tidak boleh menghancurkan pagar jika tidak tau mengapa pagar tersebut dibangun.


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara