7 ANAK BANGSA INI SUKSES PROMOSIKAN KULINER NUSANTARA DI LUAR NEGERI
7 ANAK BANGSA INI SUKSES PROMOSIKAN KULINER NUSANTARA DI LUAR NEGERI
7 ANAK BANGSA INI SUKSES PROMOSIKAN KULINER NUSANTARA DI LUAR NEGERI,

Terlahir di Negara dengan banyak kekayaan rasa, ternyata memberikan keuntungan tersendiri bagi sebagian orang Indonesia yang kini sedang menetap di luar negeri. Tak hanya terkenal dengan keindahan panoramanya, kekayaan ragam kuliner Indonesia kini juga tengah menggugah selera pasar Internasional.

Berkat keberanian anak-anak bangsa yang merantau di luar negeri, cita rasa kelezatan kuliner nusantara kini tak hanya menjadi primadona di negaranya saja. Bahkan beberapa diantara mereka sukses mempromosikan kuliner nusantara dengan merintis bisnis restoran di negara Ia merantau.

Seperti yang dilakukan oleh 7 anak bangsa ini yang berani merintis bisnis kuliner nusantara di negara orang lain. Berbekal keahlian memasak dan keberaniannya mencoba peruntungan di luar negeri, 7 anak bangsa ini tidak hanya berhasil menjadi pengusaha sukses namun juga menjadi duta makanan nusantara di kancah dunia.

Yuk cari tahu seperti apa kisah mereka selama merintis bisnis kuliner nusantara di mancanegara.

1. Bagus, Sajikan Kuliner Indonesia di Osaka.

Bagus yang merupakan orang asli Banyuwangi menyajikan masakan Indonesia di Osaka, Jepang. Restoran yang mengambil nama Bagus Indonesian Kitchen ini menawarkan menu mie goreng, nasi goreng, hingga sup buntut. Restoran yang dilengkapi dengan hiasan batik ini membuat restorannya tak hanya menyajikan makanan khas Indonesia, tapi juga mencoba menghadirkan nuansa Indonesia banget di mancanegara.

2. Firdaus Bustamam, Hadirkan Masakan Padang di Kota London

Tak hanya di Indonesia saja menu masakan Padang mudah ditemukan, ternyata di London kita juga bisa menemukan warung Padang, tepatnya di Chinatown, Leicester Square. Dengan menu andalan nasi Padang yang kaya rempah, warung miliknya tak hanya terkenal di kalangan warga Indonesia yang menetap disana, tapi juga kulinernya disukai konsumen dari negara lain. Melalui promosi word of mouth alias dari mulut ke mulut, warung Padang milik Firdaus kini semakin populer di London.

3. Upi Yuliastuti, Buka Restoran Indonesia di New York

Mengusung nama Upi Jaya, restoran Indonesia ini berlokasi di kawasan Queens, New York. Pemiliknya Upi Yuliastuti, sudah menyajikan kuliner khas Indonesia sejak tahun 2004. Rata-rata pelanggan yang datang adalah orang Indonesia yang menetap di berbagai negara bagian Amerika Serikat, bahkan mereka rela jauh-jauh datang ke restoran Upi hanya untuk mengobati kerinduannya terhadap makanan nusantara.

4. Firdaus Ahmad, Membesarkan Nusa Dua Restaurant di Soho, Inggris

Bangunan tiga lantai yang bertuliskan Nusa Dua Restaurant ini berdiri kokoh di sudut Dean Street 11, Soho, di jantung ibu kota Inggris. Firdaus Ahmad sengaja memilih lokasi yang berada di kawasan belanja dan tempat nongkrong anak-anak muda itu menyajikan makanan khas Indonesia, seperti ayam kremes, sayur asem, sambal terasi, tahu isi, soto ayam, tempe, dan kerupuk udang.

5. Edy Ongkowijaya, Bisnis Ayam Penyet Hingga 52 Outlet di Berbagai Negara

Terinspirasi dari kesuksesan KFC yang mengangkat menu olahan ayam hingga berbagai belahan dunia, Edy Ongkowijaya membuka bisnis ayam penyet dengan brand D Penyetz di Singapura pada tahun 2008 silam. Citarasa ayam penyet ternyata tak hanya dicintai orang asli Indonesia, kini cabangnya telah tersebar di Singapura, Malaysia, Brunei, Indonesia, dan Myanmar.

6. Leni Kumalasari, Simpang Asia di National Boulevard (Los Angeles, AS)

Pemilik Simpang asia yang berasal dari Malang ini sengaja memilih menu vegetarian untuk memanjakan setiap konsumennya. Dengan menu andalan makanan bebas gluten, restoran Simpang Asia cukup populer di kalangan warga Indonesia yang menetap di LA. Bahkan dengan hidangan khas Indonesia, restoran ini juga sering kali dikunjungi konsumen asli Los Angeles, karena menu yang ditawarkan sangat beragam dengan kisaran harga yang terjangkau.

7. Maria dan Johan, Sajikan Gado-gado Hingga Sambel Goreng Krecek di Den Haag, Belanda

Warung makan milik Maria Utomo dan Johan Wakkary ini menjajakan menu kuliner khas Indonesia seperti gado-gado, lontong cap gomeh, karedok,sambel goreng krecek, bebotok ayam, sambel goreng labu siem, bebotok ayam, hingga ketoprak. Mengingat Indonesia merupakan negara jajahan Belanda, banyak orang asli Belanda yang tak asing lagi dengan menu-menu khas Indonesia.

Nah, semoga 7 prestasi anak bangsa di kancah dunia ini bisa menginspirasimu untuk berani memulai usaha di mana pun kamu berada. Selamat berkarya dan salam sukses!


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara