5 Tips Untuk Kesehatan Kulit
5 Tips Untuk Kesehatan Kulit
5 Tips Untuk Kesehatan Kulit,

Perawatan kulit yang baik dan pilihan gaya hidup sehat dapat membantu menunda proses penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit. Namun jika Anda tidak punya waktu untuk perawatan kulit dengan intensif, Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat sambil mengikuti beberapa tips ini.


1. Lindungi diri dari matahari


Salah satu cara yang paling penting untuk merawat kulit Anda adalah untuk melindunginya dari sinar matahari. Seumur hidup paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik keriput dan masalah kulit lainnya - serta meningkatkan risiko kanker kulit.


Untuk perlindungan matahari paling lengkap:


Gunakan tabir surya. Gunakan spektrum luas tabir surya dengan SPF minimal 15. Oleskan tabir surya murah hati, dan oles kembali setiap dua jam  atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.


2. Jangan merokok


Merokok membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan memberikan kontribusi untuk keriput. Merokok menyempitkan pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, yang mengurangi aliran darah. Ini menghabiskannya oksigen kulit dan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit.


Merokok juga merusak kolagen dan elastin - serat yang memberikan kekuatan kulit dan elastisitas. Selain itu, ekspresi wajah berulang Anda membuat saat merokok - seperti mengerucutkan bibir Anda saat menghirup dan menyipitkan mata Anda untuk menjaga asap - dapat berkontribusi untuk keriput.


Jika Anda merokok, cara terbaik untuk melindungi kulit Anda untuk berhenti. Tanyakan kepada dokter Anda untuk kiat-kiat atau perawatan untuk membantu Anda berhenti merokok.


3. Perlakukan kulit Anda dengan lembut


Mmeperlakukn kulit dengan lembut itu sangat penting, ini untuk menghindari kulit kering dan tetap lembab.


Batasi waktu mandi. jadi jangan terlalu lama mandi karena kalau terlalu lama dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda sehingga membuat kulit kering. Selain dari itu minyak kulit juga bisa hilang karena penggunaan sabun yang terlalau banayak dan sering.


Hati-hati ketika mencukur. Untuk melindungi kulit melumasi kulit Anda sebelum mencukur, oleskan krim cukur, lotion atau gel sebelum bercukur. Untuk mencukur, gunakan pisau cukur bersih tajam. Mencukur ke arah rambut tumbuh, tidak menentangnya.


Setelah mencuci atau mandi, bilas dengan lembut atau lap dengan handuk sehingga beberapa kelembaban tetap pada kulit Anda.


Melembabkan kulit kering. Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan pelembab yang mengandung SPF.


4. Makan makanan yang sehat


Diet sehat dapat membantu Anda dalam merawat kulit agar tetap sehat. Perbanyak makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Hubungan antara diet dan jerawat tidak jelas - tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C dan rendah lemak dapat membuat kulit terlihat lebih muda.


5. Jangan Terlalu Stres


Stres yang tidak terkontrol dapat membuat kulit Anda lebih sensitif dan memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk membuat kulit tetap sehat jangan membuat diri Anda terlalu stres, bisa dengan cara belibur, melakukan apa yang kamu senangi dan kegiatan lainnya yang dapat membuat Anda terhindardari stres yang berlebihan.


6. Memilih produk kecantikan


Jika Anda menggunakan produk kecantikan seperti cream wajah, sabun, pelembab dan lain sebagainya. Pilihkan produk kecantikan yang aman dan cocok untuk jenis kulit Anda. Sebaik berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum membeli produk kecantikan.


Itulah beberapa tips untuk menjaga kulit tetap sehat, semoga bermanfaat! 


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara