10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer
10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer
10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer,

Kota Medan sangat terkenal dengan kuliner khasnya yang menggoda dan menggugah selera. Tak heran jika banyak wisatawan yang menyiapkan waktu khusus hanya untuk wisata kuliner selama berlibur di kota yang dikenal dengan sebutan ‘Tanah Deli' ini. Nah, ketika Anda akan pulang dan meninggalkan Medan, jangan lupa membawa oleh-oleh untuk dibagi-bagikan kepada kerabat dan teman. Berikut 10 oleh-oleh kuliner khas Medan yang paling populer.


10Manisan Jambu

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Manisan yang dibuat dari jambu Bangkok berukuran besar ini bisa menjadi oleh-oleh yang sangat nikmat, dengan rasa yang manis dan segar. Selain sebagai oleh-oleh, manisan jambu juga memiliki khasiat untuk menaikkan trombosit bagi penderita demam berdarah. Jangan lupa pilih manisan jambu yang masih berbentuk bulan, karena bisa tahan hingga tiga hari. Anda bisa membelinya di Toko Aguan, Jalan Kruing 3D, atau di Gang Pasir, Jalan S Parman.


9Kacang Sihobuk

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Makanan ringan khas Sumatera Utara ini bisa menjadi teman ngobrol saat Anda bercerita perjalanan liburan di Medan pada keluarga atau teman. Rasanya yang manis dan gurih, dengan tekstur yang garing dan renyah akan membuat Anda tidak akan berhenti menguyah. Kacang Sihobuk dipilih dari kacang dengan kualitas terbaik. Menariknya, kacang ini dimasak menggunakan pasir dengan cara digongseng. Tersedia di banyak toko oleh-oleh di Medan.


8Risol Gogo

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Sebenarnya risol bisa ditemukan di banyak daerah lainnya. Namun, Risol Gogo khas Medan ini punya cita rasa yang berbeda. Dengan isi daging ayam dan sayuran, risol ini sudah dikenal sebagai salah satu oleh-oleh kuliner khas Medan. Selain yang sudah digoreng, Anda juga bisa memesan risol mentah sebagai buah tangan. Anda bisa mendapatkannya di Jalan Majapahit No 53. Tak hanya risol, juga ada lemper ayam, kroket, dan kue sus yang pasti sangat nikmat.


7Sirup Markisa

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Markisa merupakan produk buah unggulan Berastagi, namun sirup markisa lebih terkenal sebagai oleh-oleh kuliner khas Medan. Sirup Markisa Pohon Pinang yang sudah ada sejak tahun 1982 ini sangat cocok diminum dengan penyajian dingin pada siang hari. Sirup ini pun dipercaya mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Saat mengunjungi toko oleh-oleh, Anda bisa menemukan sirup markisa ini dengan mudah.


6Kopi Sidikalang

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Nah, bagi para pecinta kopi, kopi Sidikalang menjadi pilihan yang sangat tepat sebagai oleh-oleh. Varian kopi ini sangat terkenal, bahkan di tingkat internasional. Bahkan, ada pula yang menyebutnya sebagai raja kopi Sumatera, dan pesaing berat kopi Brasil yang sudah sangat populer, karena kandungan kafeinnya yang tinggi dan kuat. Kopi ini dijual dalam bentuk biji dan bubuk dalam berbagai ukuran kemasan di berbagai toko oleh-oleh di pusat kota Medan.


5Pancake Durian

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Sebagai salah satu sentra penjualan durian dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan sekitarnya, tidak heran jika ada banyak kuliner olahan durian yang bisa ditemukan di Medan. Salah satu yang paling terkenal adalah pancake durian. Ada berbagai varian rasa dari pancake durian yang berbentuk seperti dadar gulung ini yang bisa menjadi pilihan. Salah satu toko penjualnya yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Durian House di Jalan Sekip No 67.


4Teri Medan

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Meski bisa ditemukan di banyak wilayah pesisir pantai lainnya, namun teri Medan ternyata punya rasa yang khas dan jauh lebih nikmat. Bahkan, ukurannya yang kecil pun tetap bisa membuat Anda tergila-gila dengan teri yang satu ini, yang sangat lezat disantap dengan sepiring nasi hangat. Anda bisa membeli teri yang masih mentah, atau pun yang sudah diolah jadi sambal kacang di hampir semua toko oleh-oleh di Jalan Majapahit, Medan.


3Bolu Meranti

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Bentuknya memang seperti bolu biasa. Namun soal rasa, Bolu Meranti akan membuat Anda ketagihan. Bolu gulung ini punya tekstur lembut dan rasa legit. Ada berbagai rasa yang bisa dicoba, seperti keju, mocca, nanas, coklat, kacang, hingga stroberi. Untuk membelinya, datang ke Jalan Kruing 2K atau Jalan Sisingamangaraja No 19B, dan tersedia juga jajanan lain seperti lapis legit, brownis, dan kue sus. Bolu Meranti bisa tahan tiga hari di luar lemari es.


2Durian

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana cara membawa oleh-oleh durian tanpa mengganggu orang lain dengan baunya yang tajam? Nah, sekarang sudah banyak penjual durian di Medan yang menyajikan durian dalam kemasan khusus yang tahan lama dan bisa dibawa kemana saja, Salah satu penjual durian di Medan yang sangat terkenal adalah Durian Ucok. Bahkan, banyak yang menyebut belum lengkap berkunjung ke Medan, jika belum ke Durian Ucok.


1Bika Ambon

10 Oleh-Oleh Kuliner Khas Medan yang Paling Populer

Meski pun namanya menggunakan Ambon, namun makanan yang satu ini sudah sejak lama terkenal sebagai oleh-oleh kuliner khas Medan yang sangat populer. Setiap Anda pulang dari Medan, pasti akan ditanya oleh-oleh Bika Ambon. Kue berwarna kuning ini memiliki teksur berserat dengan pori-pori dan berasa legit. Belakangan, muncul banyak varian rasa, mulai dari keju, pandan, hingga durian. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh Jalan Majapahit.


Tekan ikon dibawah ini untuk memberikan reaksi pada postingan ini
Komentar
Pilihan terbaik untuk dibaca

© 2016 | Fourlook.com
Fourlook Intranet by Kwikku Media Nusantara